Jumat, 30 November 2012

Film Kiamat Internet

Cybergeddon: Bisakah Anda Melepaskan Diri dari Internet?

Sebuah e-mail dari Yahoo saya terima siang ini pukul 12.04 WIB, dengan judul “Cybergeddon: Bisakah Anda Melepaskan Diri dari Internet?” seperti judul di atas. Semula saya tidak terlalu peduli dengan e-mail tersebut, karena saya kira ini hanya semacam e-mail promosi, iklan atau sejenisnya. Lagi pula pada jam tersebut saya hendak makan siang. Namun setelah saya selesai makan siang dan membaca kembali e-mail tersebut, ternyata ini bukan e-mail biasa-biasa saja.
1349763643514138917
(sumber: id.cybergeddon.yahoo.com)
“Dalam dunia di mana semua orang saling terhubung, semua orang sebenarnya dalam bahaya. Serangan dan kejahatan di dunia maya merupakan senjata yang dipilih para musuh dalam rangka menghancurkan pikiran dan kesejahteraan Amerika Serikat. Dua pertiga penduduk AS (yang berjumlah 317 juta jiwa) memiliki perangkat elektronik. Setiap hari, situs kementerian pertahanan AS diserang hampir 80 ribu kali. Lebih dari $ 600 juta uang melayang akibat kejahatan di internet. Kita semua rawan dan terancam. Dan ancaman itu ada di segala arah — mulai dari laptop anak kecil di rumahnya atau di luar negeri. Cybergeddon sudah dekat. Apakah Anda siap menghadapinya?”
Itulah paragraf yang tercantum pada isi e-mail yang saya terima dari Yahoo tersebut. Dan setelah saya klik tautan yang ada, ternyata saya dibawa menuju sebuah film seri yang ditayangkan di situs Yahoo. Cybergeddon yang tayang premier pada 25 September lalu ini dibuat oleh Anthony E. Zuiker yang sebelumnya pernah membuat serial televisi “CSI”.
Dalam Cybergeddon ini, kita bisa melihat beberapa bagian film layaknya sebuah serial. Dan saat ini saya baru saja selesai menyaksikan bab pertama yang diberi judul: “The Push of A Button” yang mengisahkan seorang pria yang sedang diinterogasi dan diperlihatkan data-data pribadinya di internet seperti rekening bank, password, termasuk nama istri dan anak-anaknya. Masih banyak bagian yang perlu kita lihat lagi untuk bisa menyelesaikan keseluruhan film ini.
1349765998520579910
Bagian-bagian film Cybergeddon (sumber: id.cybergeddon.yahoo.com)
Selain serial film, kita juga bisa menyaksikan bagian-bagian lainnya seperti tokoh, foto, di balik layar dan komunitas. Pada bagian “Di Balik Layar”, kita bisa menemukan artikel-artikel yang memberikan banyak manfaat. Seperti tentang apa kelemahan kata sandi atau password yang kita punya, cara paling aman untuk menggunakan kartu debit, jangan gampang memberikan nomor identitas atau nomor penting kita. Sebagai contoh untuk yang terakhir, ada beberapa tips tentang menjaga keamanan nomor identitas dan nomor penting lainnya. Tiga tips (dari enam tips yang disarankan) seperti:
1. Jika memungkinkan, jangan memberikan nomor identitas atau nomor-nomor penting lain di tempat-tempat ini. Beberapa lembaga yang menuntut diberikannya informasi tersebut sering juga merupakan korban pelanggaran keamanan. Yang mengejutkan, jenis lembaga ini bisa universitas, bank, rumah sakit, dan pemerintah negara bagian maupun pemerintah daerah.
2. Banyak lembaga akan meminta nomor identitas (NIK) atau nomor penting lainnya agar dapat menjalin bisnis dengan Anda. Jika memungkinkan, cari tahu apakah Anda bisa memberikan bentuk pengenal lain — atau hanya empat digit terakhir dari nomor identitas Anda.
3. Jangan bawa kartu identitas penting dalam dompet — karena jika dompet itu dicuri, identitas Anda juga bisa ikut tercuri. Lebih baik, simpan kartu identitas penting Anda di tempat aman di rumah, seperti di brankas.
1349768151828962000
Di Balik Layar (sumber: id.cybergeddon.yahoo.com)
Bagi saya, film seri Cybergeddon yang baru saya tonton sebagian ini cukup unik. Yang pertama, media yang dipakai oleh film ini tidak seperti film-film lainnya yang biasanya ditayangkan di bioskop, televisi atau Youtube. Kedua, banyak pengetahuan yang bisa kita peroleh misalnya mengenai seluk-beluk dunia internet dan kejahatan internet di dalamnya, serta tips-tips mengenai dunia cyber yang mungkin selama ini belum terlalu kita mengerti.
Nah, penasaran dengan Cybergeddon ini? Silakan saksikan Cybergeddon di Yahoo baik dalam versi internasional maupun versi Indonesia-nya. Untuk trailer-nya bisa dilihat di video dari Youtube dengan terjemahan bahasa Jepang (atau China?) berikut, karena trailer di situs Yahoo tidak bisa saya embed untuk saya sertakan di postingan ini.

Kamis, 29 November 2012

Manfaat Daun Insulin Obat Alami Kencing Manis

Yakon, Daun Insulin untuk Atasi Diabetes atau Kencing Manis

January 19th, 2009 | Visited 27305 times, 19 so far today 19 Comments
Yakon, disebut juga dengan daun insulin, nama botaninya Smallanthus sonchifolia, tanaman asal Pegunungan Andes, Peru bisa untuk atasi kencing manis atau diabetes (Yakon dibaca: yakong).
Tanaman ini memang baru dikebunkan di Indonesia kira-kira 2-3 tahun lampau sehingga namanya masih asing. Bandung dan Yogyakarta sentra pengembangan yakon. Umbi yakon berwarna cokelat berbentuk mirip singkong. Daging umbi putih kekuningan dan manis.
Bagaimana Yakon atau Smallanthus sonchifolia dapat menyembuhkan diabetes? Menurut Dr Sri Widowati, peneliti di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor, yakon kaya insulin yang unit-unitnya terdiri dari gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tetapi difermentasi oleh usus besar. Oleh karena itu konsumsi yakon tak mungkin meningkatkan kadar gula dalam darah.
Efek hipoglikemik-penurun gula darah-yakon juga diuji oleh Manuel J. Aybar dari Departamento de Biologia del Desarrollo, Universidad Nacional de Tucuma, Argentina. Sebanyak 20 gram daun Yakon kering dilarutkan pada 200 ml air yang dididihkan selama 20 menit. Setelah dingin, ramuan disaring.
Lima daun arboloco-sebutan yakon di Kolombia-dijemur terbalik. Setelah kering, digerus hingga menghasilkan 15 gram. Serbuk daun tanaman itu dilarutkan dalam 600 ml air mendidih. Air berwarna hijau pekat itu diminum 3 kali sehari: pagi, siang, dan malam. Selain itu anda bisa rutin mengkonsumsi daun yakon.
Sumber:
www.trubus-online.co.id

Rabu, 28 November 2012

SOFTBOOK

Jangan biarkan balita Anda memakan buku
  kertas! Kenalkan dengan Buku Bantal yang
  aman dan edukatif. Tidak bisa disobek, tidak
  bisa dimakan/tertelan.


Buku Bantal adalah buku yang terbuat dari kain lembut dan diisi dengan serat polyester yang empuk seperti bantal. Disertai dengan gambar-gambar lucu-lucu, cerita sederhana, bahasa Indonesia, sangat cocok untuk balita. Disukai oleh banyak anak.

Saat ini tersedia 35 judul:
  • Judul buku bantal yang termasuk Grup A:
    • Ciluk Ba
    • My Book
    • Rumahku (Biru)
    • Rumahku (Pink)
    • Peternakan si Meong, Belajar Berhitung 1-5
    • Kiti Kucing & kawan-kawannya
    • Dimana Ekormu?
    • Kaki Siapa?
    • Bermain Bersama Hewan di Pohon
  • Judul buku bantal yang termasuk Grup B:
    • Ayo Melihat Gerak-Gerik Binatang
    • Princess Learning Numbers [new]
    • Beruang Pelangi
    • Paket Seri Kata Santun (isi 3 buku)
    • Alat Transportasi
    • Lihat Wajahku
    • Siapakah Aku?
    • Binatang Kecil di Sekitar Kita
    • Berebut Sepotong Roti [new]
  • Judul buku bantal yang termasuk Grup C:
    • Mengenal Abjad
    • Mengenal Angka
    • Mengenal Bentuk
    • Mengenal Warna
    • Mengenal Benda di Sekitar kita
    • Mengenal Anggota Tubuh
    • Doaku Hari ini (Muslim)
    • Dari Alif sampai Ya - Mengenal Huruf Hijaiyah
    • Waktunya Shalat
    • Mengenal Angka Arab
    • Berwudhu Sebelum Shalat [new]
    • Mari Kita Shalat [new]
    • Melaksanakan Ibadah Haji [new]
  • Judul buku bantal yang termasuk Grup D:
    • Assalamu’alaikum
    • Puasa Yuk!
    • Waktunya Tidur
    • Waktunya Makan

Untuk pemesanan, klik [di sini].




Selasa, 27 November 2012

Manfaat Susu Kedelai Melilea


SUSU KEDELAI MELILEA ( MELILEA Organic Soya Drink ) Minuman Kesehatan lengkap untuk gaya hidup aktif...
Melilea Organic Soya Drink berisikan protein nabati alami dan phytonutrient (Fitonutrisi) yang hanya terdapat pa
da kacang kedelai. Melilea Organic Soya Drink di produksi di Heilong Jiang di Cina, areal yang telah di kenal di seluruh dunia memiliki lingkungan tanah yang subur dan air yang bebas polusi.

SUSU KEDELAI MELILEA adalah sumber protein yang sangat baik sebagai makanan pengganti susu hewani, daging merah, makanan laut dan makanan berlemak berkolesterol tinggi.

SUSU KEDELAI MELILEA Merupakan makanan yang penuh dengan Protein Nabati, Mengandung 8 Asam Amino yang terkenal sebagai Zat yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan protein yang terdapat di Susu kedelai 40% lebih tinggi daripada tumbuhan yang belum diproses dan makanan berdaging.

SUSU KEDELAI MELILEA Dibuat dari kacang kedelai organik Non-GMO (tanpa GMO) terbaik dari bahan-bahan alami. Susu kedelai Melilea ( Melilea Organic Soya Drink ) diproses melalui teknologi modern sehingga menghasilkan gizi tinggi, Susu Kedelai ini ber tekstur yang lembut dan cita rasa yang benar-benar lezat. Nilai gizi dari kacang kedelai yang mengandung protein kacang kedelai, zat besi dan gizi-gizi lain yang baik untuk tubuh Anda, tetap Anda rasakan!

SUSU KEDELAI MELILEA Sangat cocok untuk bayi yang alergi terhadap susu Sapi, dan sangat baik di konsumsi bagi mereka yang mengalami obesitas, kerana tidak mengandung kolesterol, kandungan Flavanoid nya di dalam Susu kedelai Melilea sangat baik untuk melindungi Jantung.

Kebaikan mengkonsumsi Susu kedelai Melilea :
Susu kedelai Melilea Dapat Meningkatkan daya ingat, menguatkan tulang dan sistem imun,
Susu kedelai Melilea bebas kolesterol, melindungi jantung, menghasilkan tenaga, merangsang metabolisme,
Susu kedelai Melilea baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah dan menurunkan tekanan darah.

Susu kedelai Melilea Diperoleh dari kacang kedelai organik Non-GMO
Susu kedelai dalam Susu kedelai Melilea Kulit kedelai terkelupas untuk cita rasa yang lezat
Susu kedelai Melilea Mengandung fitonutrisi alami seperti lecithin, isoflavon dan saponin, Mengandung protein nabati dan bebas kolesterol
Susu kedelai Melilea Seluruh manfaat gizi dari kacang soya tetap terjaga tanpa bahan tambahan pewarna tiruan, perasa tiruan dan bahan pengawet dan Sesuai untuk Segala Usia:


KELEBIHAN SUSU KEDELAI MELILEA

Susu kedelai SUPER BRAND 2006 Kategori Customer Choice (Pilihan Pelanggan)
Susu kedelai berSertifikat GREEN FOOD Organik. Menjamin Tanpa Peptisida, Pengawet, Perasa, Pewarna dan Zat adiktif lainnya
Susu kedelai Produk Terbaik HEILOGNJIANG Thn 1996
Susu kedelai yang Mengandung Protein Nabati (Bukan Hewan) 8 KALI LEBIH TINGGI dari SUSU Soya Biasa
Susu kedelai berSertifikat HALAL, POM RI dan 100% VEGETARIAN
Susu kedelai ber Kualitas Tinggi sehingga dapat di Konsumsi Bayi berumur 3 BULAN sebagai Pengganti SUSU Ibu
Harga Susu kedelai YANG LUAR BIASA Murah..! hanya Rp55.000 Dengan Berat 500Gram Berbentuk BUBUK.



Susu kedelai Melilea untuk Bayi

Susu kedelai Melilea sesuai bagi bayi baik yang memiliki masalah sistim pencernaan dan alergi terhadap susu sapi,ataupun tidak.
Susu kedelai Melilea untuk Anak-anak pada masa pertumbuhan
Nutrisi yang terdapat pada Susu kedelai ini dapat meningkatkan daya ingat, pembentukan fisik dan pertumbuhan.
Susu kedelai Melileauntuk Ibu Hamil
Susu kedelai Melilea memenuhi kebutuhan gizi seperti kalsium dan protein yang baik untuk sang ibu maupun bayinya.
Susu kedelai Melileauntuk Remaja pada masa pertumbuhan
Susu kedelai Melilea memenuhi nutrisi yang dibutuhkan pada masa pembentukan, selain itu juga bermanfaat mengatur tingkat kolesterol pada tubuh.
Susu kedelai Melilea untuk Usia Lanjut
Susu kedelai Melilea memberikan energi dan meningkatkan kesehatan secara umum

SUSU Sapi Vs SUSU Kedele




















Keunggulan dan Manfaat Kandungan Susu Kedelai Melilea
Protein Tumbuhan

Setiap 100 gram Susu Kedelai Bubuk Melilea mengandung 23 gram protein.
Mengandung 22 jenis asam amino, termasuk asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh.
Omega 6 dan omega 3.
Protein Disgestibility Amino Acid Score (PDCAAS) = 1.0.

Isoflavon
Sejenis phytonutrien yang strukturnya sama dengan struktur estrogen

Setiap 100 gram Susu Kedelai Bubuk Melilea mengandung 23 gram protein.
Mengandung 22 jenis asam amino, termasuk asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh.
Omega 6 dan omega 3.
Protein Disgestibility Amino Acid Score (PDCAAS) = 1.0.

Mineral

Kalsium, magnesium, zat besi, potassium, fosfor, selenium, dan zink. Kalsium membantu meningkatkan kekuatan tulang serta mencegah osteoporosis.
Selenium adalah antioxidan yang membantu kita mengoksidasi lemak dari sel tubuh.

Lesitin

Menurunkan LDL.
Mengurangi risiko serangan jantung dan tekanan darah tinggi.
Menguatan sel tubuh.
Membantu dalam perkembangan sel otak.

Saponin
Mengurangi pengumpulan radikal bebas yang menyebabkan risiko kanker.

Dalam satu butir biji kacang kedelai mengandung :

Karbohidrat ……………………… 15 %
Protein …………………………….. 38 %
Asam Lemak Tak Jenuh …. 18 %
Vitamin B dan D
Mineral
Kelembaban (air) ……………. 10 %
Serat (fiber) ……………………. 15 %
Bahan Bioaktif

Senin, 26 November 2012

Manfaat Daun Katuk

Manfaat Daun Katuk dan Khasiat Daun Katuk
Pada umumnya khasiat daun katuk bagi ibu hamil atau ibu sesudah melahirkan yaitu untuk melancarkan air susu ibu, Setidaknya banyak produk pelancar ASI yang telah diproduksi dan mengandung daun katuk telah beredar di Indonesia sejak lama. Selain itu, konsumsi sayur katuk oleh ibu menyusui dapat memperlama waktu menyusui bayi perempuan secara nyata dan untuk bayi pria hanya meningkatkan frekuensi dan lama menyusui.
Efek samping daun katuk
Penelitian terhadap efek samping penggunaan daun katuk sebagai pelancar ASI ini masih belum pernah dilakukan di Indonesia, sehingga belum teruji 100 persen keamanannya.
Di Amerika, daun katuk goreng, salad dan katuk, dan minuman banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai obat antiobesitas (pelangsing tubuh).
Kandungan Daun Katuk
Merupakan satu-satunya tanaman lokal yang memiliki kadar klorofil yang tinggi dan di dalamnya terkandung antioksidan dalam jumlah besar yang sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Ia juga berkhasiat untuk menanggulangi penyakit kurang darah (anemia), meningkatkan efisiensi absorsi saluran pencernaan, mengecegah kelelahan, dan menghambat terjadinya penyakit kronis pembuluh darah.
Manfaat Daun Katuk
Berikut ini beberapa Khasiat Daun Katuk
  • Melancarkan air susu ibu (ASI)
  • Menyembuhkan bisul, demam, dan darah kotor
  • Membangkitkan vitalitas s3ks
  • Mencegah osteoporosis
  • Memiliki kandungan Vitamin C
  • Memiliki kadar kalsium yang tinggi
  • Mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza
  • Kaya senyawa yang dapat meningkatkan mutu dan jumlah sp3rma, serta membangkitkan vitalitas s3ksual
  • Terdapat tujuh senyawa aktif yang merangsang produksi hormon-hormon steroid dan senyawa eikosanoid
  • Sebagai Sumber vitamin A yang diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, reproduksi, serta menjaga kesehatan kulit
  • Senyawa utama tubuh untuk pembuatan kolagen (protein berserat pembentuk jaringan ikat pada tulang), pengangkut lemak, pengangkut elektron, pemacu gusi yang sehat, pengatur tingkat kolesterol, serta pemacu imunitas. Juga untuk penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal
  • Daun katuk kaya akan klorofil, paling banyak diantara jenis tanaman lain. Klorofil membersihkan jaringan tubuh dan tempat pembuangan sisa limbah metabotisme, sekaligus mengatasi parasit, bakteri, dan virus yang ada dalam tubuh manusia. Turunan klorofil feoditin berfungsi sebagai antioksidan. Turunan lainnya chlorophyllide menggali ke dalam sel atau jaringan dan mengangkat senyawa hidrokarbon, seperti pestisida, timbunan obat, parasit, bakteri, bahkan virus dari dinding sel serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Minggu, 25 November 2012

IRON DOME "KUBAH EMAS" ISRAEL LEMAH

ROKET HAMAS KUBUR MITOS KEUNGGULAN IRON DOME "KUBAH EMAS" ISRAEL


Jihad-Defence-Indonesia - GAZA : Seorang anggota parlemen Iran mengatakan serangan balik balasan para pejuang Palestina terhadap Israel mampu menunjukkan kelemahan perisai rudal Iron Dome rezim Zionis. "Serangan balik roket-roket muqawama menembus kota-kota penting Israel bisa dianggap sebagai respon tegas dan kategoris terhadap agresi rezim Zionis di Jalur Gaza, "kata Hossein Sobhani Nia, Senin (19/11). 



Roket-roket pejuang Palestina menembus kota-kota penting Israel termasuk Eilat, Eshkol, Sha'ar Hanegev, Be'er Sheva, Gan Yavne, dan Ashkelon .Sementara itu, Jaringan listrik di Hofashkelon dihantam roket yang menyebabkan seluruh aliran listrik di kota tersebut terputus. Tidak hanya itu, roket-roket Palestina juga berhasil mencapai jantung Israel, Tel Aviv.

Rezim Zionis memerintahkan semua pusat pendidikan yang berjarak 40 kilometer dari Jalur Gaza ditutup pada hari Senin. Roket muqawama Palestina menyebabkan seluruh aktivitas di Universitas Ben Gurion di Beer Sheba dihentikan.
Media-media Israel sendiri melaporkan bahwa perisai rudal Iron Dome gagal untuk melindungi kota dari serangan roket Palestina. Dilaporkan, sejak Rabu lalu hanya sepertiga dari proyektil yang berhasil dicegat oleh Iron Dome Israel.
 
Roket muqawana menghantam helikopter, drone dan jet tempur Israel. Sayap militer Hamas menembakkan tiga roket 107 ke arah kapal tempur Israel.

Dinas intelijen Israel menyatakan bahwa Hamas memiliki lebih dari 10 ribu roket jarak menengah dan jauh.
Serangan roket muqawama Palestina menghantam gedung partai Kadima dan distrik Zionis. Serbuan roket pejuang Palestina juga menghantam area halaman gedung perwakilan rakyat Eshkol. Media-media Israel mengkonfirmasikan jatuhnya 5 roket muqawama Palestina jatuh di halaman gedung perwakilan rakyat Eshkol di selatan Israel.
Tembakan roket dari arah Gaza memicu ketakutan akut untuk warga Israel.Televisi Kanal 10 Israel melaporkan, bunker-bunker di Ashkalon penuh sesak, dan dibangun 20 bunker baru di kota ini menyusul berlanjutnya serangan roket muqawama ke selatan Israel.
Sejak 14 November sampai kini, militer Israel telah menyerang Jalur Gaza sebanyak 1.350 kali. Serangan Israel menyebabkan lebih dari 100 orang Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka, tremasuk anak-anak, bayi dan wanita.
Sumber : KLIK DISINI

Selasa, 20 November 2012

Mau Memasang Saluran PAM ?

PROSEDUR PEMASANGAN PAM


Prosedur Pasang Baru
Prosedur Non Online
Calon Pelanggan datang ke kantor PDAM dengan membawa syarat pendaftaran.
2.
Berkas persyaratan diserahkan ke Loket Pendaftaran (Loket 27). 
3.
Petugas memeriksa berkas persyaratan calon pelanggan. Jika belum lengkap, berkas dikembalikan dan calon pelanggan diminta untuk melengkapinya. Jika sudah lengkap, petugas memberikan Formulir Pendaftaran Pasang Baru kepada calon pelanggan.
4.
Calon pelanggan mengisi Formulir Pendaftaran. Jika sudah selesai, Formulir Pendaftaran diserahkan kembali kepada petugas.
5.
Petugas memberikan Nomor Pendaftaran setelah melakukan pemeriksaan isian Formulir Pendaftaran. Selanjutnya, berkas pendaftaran diproses oleh PDAM. Calon pelanggan mendapatkan Bukti Permohonan Pasang Baru dari petugas.
6.
Petugas PDAM meninjau lokasi / persil calon pelanggan. Jika hasil survey menunjukkan adanya permasalahan sehingga pemasangan sambungan baru ke lokasi / persil calon pelanggan tidak bisa dilayani, maka PDAM akan memberikan Surat Pemberitahuan kepada calon pelanggan mengenai hal tersebut.
7.
Jika hasil survey tidak ada permasalahan, maka petugas membuat penetapan Biaya Pemasangan, baik Sambungan Rumah maupun Sambungan Pipa -- jika memang diperlukan. PDAM mengirimkan Rencana Biaya Pemasangan kepada calon pelanggan.
8.
Calon pelanggan membayar Biaya Pasang Baru ke kantor PDAM (Loket 28, 29) sebagaimana Rencana Biaya Pemasangan yang diterimanya.
9.
Petugas melakukan pemasangan sambungan pasang baru ke lokasi / persil calon pelanggan.
 
Prosedur Online
 Pada dasarnya, prosedur Online sama dengan prosedur Non Online. Perbedaannya:
1.
Calon pelanggan bisa mengisi Formulir Pendaftaran melalui website PDAMOnline. 
a.
Kunjungi website PDAMOnline di: www.pdam-sby.go.id.
b.
Pilih menu: Customer Care | Layanan | Pasang Baru.
c.
Ikuti instruksi Layanan Pasang Baru pada halaman web yang disediakan.
d.
Calon pelanggan akan mendapatkan Nomor Pendaftaran Sementara yang akan dipakai untuk melakukan monitoring status permohonan Pasang Barunya melalui website.
e.
Komunikasi PDAM ke Calon pelanggan dilakukan lewat e-mail. 
2.
Calon pelanggan datang ke PDAM pada saat menyerahkan berkas persyaratan (jika perlu) dan membayar Biaya Pasang Baru. Pemberitahuan tentang hal ini akan disampaikan melalui e-mail.
3.
Pelanggan bisa memeriksa status permohonannya setiap saat dengan membuka website PDAM Online dan membuka menu: Customer Care | Layanan | Monitoring Status

Syarat Pendaftaran
1.
Surat Tanah, bisa berupa copy Sertifikat Tanah / Surat Keterangan Kepemilikan Tanah (bukan bangunan) yang dikeluarkan oleh Instansi yang berwenang.
Apabila status tanah tersebut milik Pemkot, minimal harus ditandatangani Lurah setempat.
2.
Copy PBB
3.
Copy KTP dan KSK.
4.
Ketiga persyaratan di atas disertai dengan menunjukkan aslinya.
 
Waktu Proses 
Pendaftaran sampai dengan Penetapan Biaya Pemasangan : 4 (empat) Hari Kerja.
Pembayaran  sampai dengan Pemasangan : 2 (dua) Hari Kerja.
 
Jadwal Loket Pemasangan Baru
Senin s.d. Kamis     : Pukul 07.30 - 14.00 WIB
Jum'at                     : Pukul 07.30 - 13.30 WIB
Informasi Pasang Baru, hubungi: 031-5039400 atau 031-5039676 pesawat 1104
 
sumber : http://www.pdam-sby.go.id/pros_pasangbaru.htm

Senin, 19 November 2012

Daftar Tarif Tol di Indonesia

Tarif Tol Baru

Tarif baru untuk jalan tol yang dioperasikan oleh Jasa Marga berlaku mulai 7 October, 2011
Ruas Jalan Tol Tersebut adalah :
  • Jagorawi
  • Jakarta-Tangerang
  • Jakarta Dalam Kota (Inner Ring Road)
  • Jakarta Outer Ring Road (Operated by PT JLJ)
  • Ulujami-Pondok Aren (Operated by PT JLJ)
  • Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi)
  • Palikanci (Palimanan-Kanci)
  • Semarang Toll Road
  • Surabaya-Gempol
  • Belmera (Belawan-Medan-Tanjung Morawa)
DOWNLOAD TARIF TOLL BARU (Sesuai Kep. Men. PU NOMOR 277/KPTS/M/2011) KLIK DISINI

Minggu, 18 November 2012

PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA DAN MALAYSIA


A. Latar Belakang
Tiap Negara mempunyai sistem pendidikan yang berbeda-beda dengan penekanan pada variabel tertentu didalam pendidikan. Pada variable tersebut terkandung tujuan yang akan dicapai baik jangka panjang maupun jangka pendek. Sehingga akan memberikan arah bagi negara tersebut untuk menciptakan manusia dan bentuk Negara yang mereka inginkan berdasarkan sumber daya manusia yang mereka rencana berdasarkan sistem pendidikan. Penulis mencoba untuk membandingkan dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia dengan harapan pada akhirnya penulis akan mengetahui hal-hal apa yang perlu dipertimbangkan ketika akan menentukan sebuah sistem pendidikan. Hal ini sejalan dengan  pendapat Kendall dan Nicholas Hanc yang dikutip dari  Nur  (2002:4) yang menjelaskan bahwa tujuan perbandingan pendidikan adalah untuk mengetahui prinsip-prinsip apa yang sesungguhnya mendasari pengaturan perkembangan sistem  pendidikan nasional.
Sebagai bagian dari sebuah sistem pendidikian, kurikulum juga merupakan aspek penting dari sistem pendidikan. Dengan melakukan studi perbandingan kurikulum kita dapat memberikan visi, cara baru, dan inovasi dalam pendidikan.  Studi perbandingan kurikulum  yang akan dipaparkan oleh Penulis adalah studi perbandingan implementasi kurikulum bidang studi bahasa Inggris.
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional siswa dan merupakan kunci penentu menuju keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Mengingat fungsi bahasa yang bukan hanya sebagai suatu bidang kajian, sebuah kurikulum bahasa untuk sekolah menengah sewajarnya mempersiapkan siswa untuk mencapai kompetensi yang membuat siswa mampu merefleksi pengalamannya sendiri dan pengalaman orang lain, mengungkapkan gagasan dan perasaan, dan memahami beragam nuansa makna. Bahasa diharapkan membantu siswa mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, membuat keputusan yang bertanggungjawab pada tingkat pribadi dan sosial, menemukan serta menggunakan kemampuan­kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya (Diknas:2003)
Bahasa Inggris berkedudukan sebagai  bahasa asing pertama di Indonesia (first foreign language). Pemerintah menyadari bahwa penguasaan bahasa Inggris sangat penting khususnya dalam menghadapi era globalisasi dan pasar bebas.
Di Indonesia keterampilan bahasa Inggris sudah diajarkan sejak di kelas satu SMP hingga keperguruan tinggi. Namun pada kenyataan, masih banyak sumber daya manusia tidak mempunyai kompetensi dalam berbahasa Inggris, sehingga di pasar bursa tenaga kerja dunia, tenaga kerja Indonesia tidak mendapatkan peluang kerja yang besar karena keterbatasan kemampuan berbahasa asing tersebut. Sebagai contoh yang sederhana, tenaga kerja dari filipina lebih disukai dibandingkan dengan tenga kerja Indonesia  hal ini disebabkan oleh tenaga kerja filipina mempunyai keterampilan berbahasa Inggris yang lebih baik dari pada tenaga kerja Indonesia.
Berdasarkan kualitas SDM (Human Development Index) Indonesia sekarang berada di bawah Vietnam, atau nomor 4 terbawah (nomor 102 dari 106 negara). Hasil Survei PERC di 12 negara juga menunjukkan bahwa Indonesia berada di urutan terbawah, satu peringkat di bawah Vietnam. Hasil survey matematika di 38 negara Asia, Australia, dan Afrika oleh TIMSS-R, menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat 34.
Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi gagalnya pengajaran bahasa Inggris di Indonesia seperti pengajaran bahasa Inggris  masih bersifat penghapalan kosa kata dan kurangnya kesempatan para siswa untuk mempraktekkan bahasa tersebut. Merespon kebutuhan tersebut,  pemerintah sejak dahulu telah merancang serangkaian kuriklum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dunia pada umumnya. Hal ini sejalan dengan pendapat yang dikemukakan oleh Oliva (1997:60) bahwa kurikulum adalah perangkat pendidikan yang merupakan jawabab terhadap kebutuhan dan tantangan masyarakat.  Pernyataan tersebut sejalan dengan pendapat Nurkamto (2005) mengatakan bahwa “A curriculum can be considered the heart of the educational enterprise because it consists of educational program offered to the participants. It has been the curriculum which has received the most attention in educational design, implementation, and evaluation”.  Dengan kata lain bahwa fungsi kurikulum begitu luas bukan hanya sebagai seperakat ide yang diimplementasikan dalam bentuk kurikulum yang kemudian diberikan kepada masyarakat pengguna, tetapi kurikulum merupakan refleksi dari permasalahan-permasalahan yang muncul dari masyarakat yang kemudian dicoba untuk menjawab permasalahan tersebut kedalam sebuah pembelajaran yang diharapkan agar hasil pembelajarannnya (outcome). Misalnya pada kurikulum 1974 mata pelajaran bahasa Inggris ditekankan pada penguasaan struktur kalimat (grammar oriented) dimana siswa wajibkan untuk menghapal berbagai bentuk kalimat berdasarkan waktu pemakaian kalimat tersebut, tampa memberikan kesempatan yang luas bagi siswa untuk mempraktelkkan bahasa tersebut. Dilanjutkan dengan kurikulum 1984 yang pendekatannya menggunakan pendekatan komunikatif (Communicative Language Teaching, CLT). Ditahun 1994, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kebermaknaan (meaningful approach) dalam hal ini kurikulum menekankan pada pembelajaran yang berdasarkan tema-tema yang sedang hangat di masyarakat dan dunia. Demikian pula dengan KTSP dimana kurikulum ini  berbasis kompetensi dan siswa harus menguasai kompetensi-kompetensi akademik berdasarkan mata pelajaran seseuai dengan jenjang pada masing-masing satuan pendidikan.
Selain membandingkan system pendidikan, penulis mencoba untuk membandingkan kurikulum mata pelajaran bahasa Inggris sekolah menengah Indonesia yang disebut dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Inggris yang terkadung didalam Standar Isi (SI) dengan Malayasia khususnya pada level sekolah menengah atau di Malaysia disebut dengan form 5. Alasan mengapa penulis memilih kurikulum malaysia sebagai perbandingan karena malaysia secara geografis adalah negara terdekat dengan Indonesia dan mempunyai rumpun budaya yang hampir sama dengan kita, walaupun secara historis mempunyai perbedaan, khususnya di jaman kolonial. Di Malaysia, Bahasa Inggris dipergunakan sebagai bahasa kedua (second language) dan kita dapat mendengarkan masyarakat malaysia menggunakan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari seperti di pasar, tempat hiburan dan dalam perkumpulan masyarakat malayasia. Hal ini sangat bertolak belakang dengan kedudukan bahasa Inggris di Indonesia dimana kedudukan bahasa Inggris hanya sebagai bahasa asing dimana bahasa tersebut amat jarang dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari tapi hanya dipergunakan dalam kegiatan-kegiatan tertentu saja dan malah bahasa Inggris termasuk mata pelajaran yang menakutkan bagi sebagian siswa di Indonesia. Padahal apabila pengembangan kurikulum di Indonesia dapat merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dimana didalamnya terdapat materi dan pendekatan yang  sesuai dan dapat menstimulus siswa agar cepat menguasai bahasa asing tersebut maka secara tidak langsung dapat meningkatkan SDM Indonesia khususnya dalam berketerampilan bahasa Inggris. Fakta membuktikan bahwa percepatan penyerapan teknologi baru akan lebih cepat apa bila SDM kita menguasai bahasa asing, khususnya ketika kita hendak mentranfer sebuah teknologi baru (transfer of technolgy). Penulis berharap setelah melakukan studi perbandingan dan analisis implementasi kurikulum mata pelajaran Bahasa Inggris di Indonesia dan Malaysia, akan mendapatkan berbagai hal yang bermanfaat dan dapat memberikan kontribusi bagi perbaikan dan pengembangan kurikulum, khususnya mata pelajaran bahasa Inggris. Didalam membandingkan implementasi kurikulum dikedua negara ini, penulis mencoba membandingkan aspek-aspek kurikulum seperti tujuan kurikulum, materi, metode yang digunakan dan penilaian yang digunakan didalam pengimplementasi kuriikulum mata pelajaran bahasa Ingggris.
B. Perbandingan sistem pendidikan di Indonesia dan Malaysia
Sistem pendidikan di kedua Negara mempunyai perbedaan diantara satu level pendidikan satu dengan yang lain, sehingga diharapkan setelah kita melihat perbedaan perbandingan dikedua Negara ini secara seimbang dan proposional sehingga diakhir makalah ini  kita dapat mempelajari hal-hal baru yang mungkin saja dapat diadaptasi kedalam sistem pendidikan di Indonesia. Sebelum membandingkan system pendidikan di Negara Malaysia, penulis akan mendeskripsikan terlebih dahulu sistem pendidikan di Indonesia. (http://www.seameo.org/index.)
1. Sistem pendidikan Indonesia
Sistem Pendidikan nasional Indonesia terdiri dari tiga jenis pendidikan, yaitu:
a.       Pendidikan umum memprioritaskan perluasan pengetahuan umum dan perbaikan keterampilan siswa. Spesialisasi pendidikan dibutuhkan dikelas 12.
b.       Pendidikan vokasional mempersipkan siswa dalam mempersipkan sejumlah keterampilan vokasional yang dibutuhkan para pekerja.
c.       Pendidikan berkebutuhan khusus memberikan keterampilan dan kemampuan penting bagi siswa dengan keterbatas fisik dan mental
d.    Pendidikan kedinasan bertujuan meningkatkan kemampuan yang dibutukan sebagai persiapan sebagai calon pegawai negeri sipil departemen pemerintahtan dan non departemen.
e.    Pendidikan agama mempersiapkan siswa untuk berperan yang menuntut pengetahuan khusus tentang agama dan pelajaran yang terkait.
f.      Pendidikan yang berorientasi akademik berfokus kepada perbaikan penguasaan sain
g.    Pendidikan professional mempersiapkan siswa untuk menguasai spesialisasi pekerjaan yang berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan.
2. Jenjang Pendidikan
Sistem pendidikan formal terdiri dari beberapa jenjang pendidian, yaitu sekolah dasar, sekolah menengah dan pendidikan tinggi. Pendidikan pra sekolah juga termasuk didalam sistem pendidikan nasional Indonesia.
Pendidikan Pra Sekolah
Pendidikan pra sekolah bertujuan menstimulasi pertumbuhan fisik dan mental siswa diluar keluarga sebelum memasuki pendidikan sekolah dasar. Tujuan pendidikan pra sekolah adalah memberikan dasar pertumbuhan dan perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, keterampilan dan inisiatif. Tipe-tipe penddikan pra sekolah yang ada adalah taman kanak-kanak dan kelompok bermain. Taman kanak-kanak adalah bagian dari pendidikan dasar sedangkan kelompok bermain berada diluar system persekolahan. Pendidikan pra sekolah diberikan kepada anak dari usia 4 sampai dengan 6 tahun yang mempunyai masa pendidikan satu atau dua tahun pendidikan, sedangkan kelompok bermain diikuti oleh anak-anak yang berusia dibawh tiga tahun.
Pendidikan Dasar
Pendidikan dasar merupakan dasar dari pendidikan Sembilan tahun, yang terdiri dari enam tahun disekolah dasar dan tiga tahun di sekolah menengah pertama. Tujuan dari pendidikan dasar adalah untuk memberikan siswa ketermapilan dasar untuk mengembangkan diri mereka sendiri sebgai individu, anggota masyarakat, warga Negara dan anggota mahluk hidup, demikan juga untuk melanjutkan studi mereka ke sekolah menengah.
Sekolah dasar (SD) menyelanggarakan program pendidikan enam tahun.hal ini terdiri dari dua tipe pendidikan yang berbeda, yaitu sekolah dasar umum dan sekolah dasar bagi anak cacat. (SDLB)
Program pendidikan sekolah menengah pertama berlangsung selama tiga tahun setelah eman tahun pendidikan dasar. Seperti juga di sekolah dasar, sekolah menegah pertama terdiri dari sekolah menengah pertama umum dan sekolah menegah pertama bagi anak cacat. (SMPLB).
Selain itu juga ada sekolah dasar islam yang dilaksanakan oleh kementerian agama. dasar Sekolah dasar islam (Madrasah Ibtidaiyah atau MI) sama dengan sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah pertama islam (Madrasah tsanawiyah atau MTs) yang sama dengan sekolah menegah pertama (SMP).
Muatan kurikulum skolah dasar terdiri dari Pancasila, agama, pendidikan kewarga negaraan, bahasa Indoneisa, membaca dan menulis, matematika, aritmatika, sain dan teknologi, geografi, sejarah nasional dan dunia, kerajinan tangan dan seni, pendidikan kesehatan jasmani, menggambar, bahasa Inggris dan muatan local. Kesemua itu bukan nama mata pelajaran, tetapi hanya istilah dalam hal pembelajaran yang membebtuk kepribadian dan elemen kemampuan yang diajarkan dan ditingngkatkan melalui pendidikan dasar.
Pendidikan Menengah
Jenis pendidikan menengah adalah sekolah menengah umum, sekolah menengah kejuruan, sekolah menengah agama, sekolah menegha kedinasan. Sekolah menengah umum memberikan prioritas untuk memperluas pengetahuan dan mengembangkan keterampilan siswa dan mempersiapkan mereka untuk melanjutkan untuk melanjutkan dtusi mereka ke pendidikan tinggi. Pendidikan sekolah menengah kejuruan memberikan prioritas untuk memperluas keterampilan kerja dan menekan pada persiapan siswa untuk memasuki dunia kerja dan memperluas sikap professional. Pendidikan sekolah menengah keagamaan memberikan prioritas terhadap penguasaan pengetahuan khusus keagamaam. Pendidikan sekolah menegah kedinasan yang menekankan pada perbaikan kemampuan dalam melaksanakan tugas pelayanan pegawai negeri sipil atau calon pegawai negeri sipil. Pendidikan sekolah menengah khusus ditujukan dan dirancag bagi siswa yang mempunyai keterbatasan fisik dan mental (lihat tabel 1)
Di Indonesia setiap jenjang pendidikan harus melalui ujian nasional apa bila hendak melanjutkan kejenjang selanjutnya. Demikian pula ketika akan melanjutkan ke perguruan tinggi para siswa harus mengikuti SPMB yang terpusat.
2. Sistem Pendidikan  Malaysia
Pendidikan di Malaysia secara keseluruhan dibawah hukum kementrian pendidikan, yang bertanggung jawab mengurusi sistem pendidikan dari tingkat dasar sampai dengan universitas, mengatur silabus, mengontrol ujian nasional dan mengawasi perkembangan pendidikan.
Pendidik dasar di Malaysia berlangsung selama enam tahun. Pendidikan tersebut ditujukan untuk memberikan pendidikan dasar bagi siswa agar menguasai kompetensi membaca, menul1s dan aritmatik. Pada akhir tahun ajaran siswa sekolah akan diuji yang disebut dengan Ujian Penilaian Sekolah Rendah/ The Primary school Assessment Test (UPSR/PSAT). Terlepas dari kinerja mereka di PSAT, semua siswa sekolah dasar dinaikkan ke Form one.
Pendidikan sekolah menengah adalah kelanjutan dari level pendidikan dasar. Silabus, Kurikulum Bersepaduan Sekolah Menengah/ Secondary School Integrated Curriculum (KBSM/SSIC) dikembangkan untuk menyesuaikan kebutuhan dan aspirasi Negara. Pendidikan menengah dibagi kedalam tiga level utama: lower secondary level, upper secondary level dan level pra universiti.
Lower secondary education di Malaysia mempersiapkan siswa untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan didalam kehidupan dan dapat menjadi warga Negara yang berguna bagi Negara. Setelah menyelesaikan tahun ketiga, para siswa diharuskan untuk mengikuti ujian penilaian nasional, Penilain Menengah Rendah/Lower Secondary Assessment (PMR/LSA). Kinerja siswa pada PMR/LSA akan menentukan jurusan akademik mereka kepada upper secondary level, yaitu apakah akan dijurusan sain, seni, teknik atau vokasional.
Pemilihan siswa dan jurusan  akademik pada upper secondary level akan ditentukan oleh kemetrian Pendidikan. Pada ahir masa pendidikan dua tahun di pendidikan upper education, siswa akan diuji oleh ujian nasional wajib, Sijil Pelajaran Malaysia/ Malaysia Certificate of Examination (SPN/MCE) atau Sijil Pelajaran Malaysia Vokasional/ Vocational Malaysian Certificate (SPM/VMCE), kalau siswa memilih jurusan vokasional. Sertifikat SPM/MCE/SPMV/VMCE sama dengan O-level Cambridge University Examinations.
Siswa pada jurusan vokasional akan mempelajari bidang studi vokasional yang berhubungan dengan bidang studi lain yang identik kepada silabus sekolah umum lainnya. Mereka diharuskan untuk mengikuti Peperiksaan Sijil Pelajajran Malaysia Vokasional (SPMV) pada akhir tahun ajaran kedua. Bagi siswa yang mempunyai hasil yang baik bisa melanjutkan studi mereka ke lembaga pendidikan tinggi local atau langsung masuk ke pasar kerja. Kursurs Pelatihan Keterampilan (Skills Traning Course) adalah program tambahan. Siswa akan melalui program pelatihan keterampilan dengan demikian memungkinkan mereka untuk mengikuti Peperiksaan Majilis Latihan Vokasional Kebangsaan Asa (MLVK) pada dua tahun akhir program pendidikan. Mereka kemudian akan bergabung dengan pasar kerja atau melalui pelatihan keterampilan tingkat atas (advance skills training) diwalau tertentu. Pelatihan vokasional bagi pemuda penting bagi perkembangan nasional. Selain kemetrian pendidikan masih ada kementrian lain, agen public atau swasta terlibat didalam pelatihan vokasional bagi pemuda untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja indrustri . Pada program pendidikan pra-universita diklasifikasi kedalam dua kelompok yaitu A Level dan program studi matrikulasi. Yang masuk pada program ini didasarkan pada hasil kinerja (SPM/SPMV). Untuk program studi A Level, jurusan pendidikannya adalah kesenian, sain dan teknik. Siswa akan diharuskan untuk mengikuti Sijil Tinggi Pelajaran Malaysia Examination (STPM), yang diatur oleh Dewan Ujian Malaysia dan diakreditasikan oleh University of Cambridge Local examination Syndicate of England (UCLES). Kualifikasinya di atur oleh banyak universitas di dunia. Program studi matrikulasi yang diatur calon mahasisa pada universitas lokal. Ini merupakan program dasar akademik satu tahun, dimonitor oleh universitas tuan rumah dan pembelajaran dilaksanakan di masing-masing sekolah negeri atau swasta
C. Simpulan
Berdasarkan deskripsi yang telah Penulis uraiankan, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut: Masing-masing negara mempunyai sistem pendidikan yang sangat berbeda. Di Indonesia tidak berlaku automatic transision disetiap jenjang pendidikan karena masing-masing jenjang pendidikan diharuskan mengikuti Ujian Nasional sebelum melanjutkan ke jenjang berikutnya. Sebagai contoh siswa SMP harus mengikuti UN sebelum melanjutkan ke SMA. Hal ini sangat bertolak belakang dengan sistem pendidikan di Malaysia di mana hasil PSAT tidak menentukan karena setiap anak harus melanjutkan ke form one. Malaysia mempunyai persiapan untuk memasuki perguruan tinggi yang disebut dengan A Level dan matriculation study program. Sedangkan di Indonesia sisiw yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi harus mengikuti SPMB.

Sabtu, 17 November 2012

Kekayaan Pejabat BUMN

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengeluarkan daftar Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Beberapa Dirut yang masuk dalam daftar orang terkaya di BUMN versi data LHKPN KPK terkejut. Siapa saja mereka?

Salah satunya adalah Dirut PT Bank Mandiri Tbk, Zulkifli Zaini. Pimimpin tertinggi di Bank Mandiri ini menjadi Dirut BUMN dengan harta terbanyak, dengan total Rp 44,90 miliar ditambahvaluta asing senilai US$ 70.891. Zulkifli mengaku tidak berpikir untuk menjadi orang terkaya di jajaran direksi BUMN.

"Saya gak pernah berpikir mengenai hal-hal seperti itu, yang saya utamakan adalah kerja dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan," ungkapnya kepada detikFinance, Sabtu (21/7/2012).

Selain itu, Zulkifli juga menjelaskan jika harta kekayaan yang diperolehnya saat ini merupakan hasil kerja kerasnya selama bekerja di Mandiri dan ia mengaku secara transparan telah melaporkan harta kekayaannya kepada KPK.

"Saya sudah memberikan laporan LHKPN itu sejak awal menjadi direktur di Bank Mandiri, jadi tidak ada yang tertutup, semua transparan. Itu saja yang ingin saya sampaikan," sambungnya.

Zulkifli juga memiliki 3 mobil, rumah di Bekasi, Jakarta Timur dan Jakarta Selata. Jumlah harta tak bergeraknya mencapai Rp 3,22 miliar. Zulkifli memiliki surat berharga yang cukup banyak hingga Rp 23,99 miliar.

Selain Zulkifli, ternyata Dirut Utama PT BTN Tbk, Iqbal Latanro mengaku sangat terkejut dirinya masuk ke dalam daftar Dirut BUMN terkaya. Iqbal yang masuk ke urutan 7 direksi terkaya dan memiliki harta kekayaan sebesar Rp 8,65 miliar ditambah valuta asing senilai US$ 20.000, menilai jika harta yang dimilikinya tidak terlalu besar.

"Masak, saya tidak termasuk. Saya kecil kok, boleh tahu di mana sumbernya. Tapi saya surprise dengarnya," imbuh Iqbal.

Iqbal mengaku punya tambahan pendapatan dari investasi properti yang pernah dia lakukan tetapi dirinya telah melaporkannya ke dalam LHKPN.

"Gak ada saya gak punya bisnis lain cuma dari dulu saya investasinya di properti dan tidak ada kaitannya dengan BTN," tutupnya.

Iqbal juga memiliki aset berupa tanah yang cukup banyak. Harta tak bergeraknya mencapai Rp 5,07 miliar. Sementara kendaraan yang ia miliki yakni Ford Focus, Nissan Serena, Honda Jazz dan Toyota Camry seluruhnya senilai Rp 495 juta.

Ingin tahu siapa lagi bos BUMN yang masuk jajaran pejabat harta terbanyak? Klik di sini.

Jumat, 16 November 2012

MANFAAT PROPOLIS

PROPOLIS PENYEMBUH AJAIB DARI SARANG LEBAH
by ROKIM ABDUL KARIIM


KOMPOSISI DAN MANFAAT PROPOLIS
Profesor Stefan Stangaciu tahun 2005 menyebutkan bahwa propolis memiliki banyak manfaat dibidang kesehatan dan saat ini digunakan secara luas sebagai obat berbagai penyakit. Adapun propolis itu sendiri adalah getah yang dikumpulkan oleh lebah dari berbagai jenis pucuk tanaman dan dari tanaman yang patah. Getah tanaman tersebut kemudian dicampur dengan enzim yang terdapat dalam kelenjar ludah lebah dan digunakan untuk melindungi sarang dari berbagai bakteri, virus dan jamur. Propolis tidak hanya penting bagi koloni lebah tetapi juga penting bagi kesehatan manusia maupun hewan.
Propolis memiliki komposisi yang sangat komplek. Pengetahuan yang lengkap terhadap komposisi propolis sangat membantu untuk memanfaatkan propolis di bidang kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap berbagai tipe propolis didapatkan lebih dari 300 unsur di dalam propolis diantaranya adalah; Flavanoids, chalcones, dehydrochalcones, asam alipatik dan ester lainnya, asam alipatik rantai panjang, minyak volatil rantai pendek, asam aromatik dan ester lainnya, asam benzoik dan turunannya, aldehida, senyawa alkohol, asam sinamat dan turunannya, ketone, phenol, asam amino, vitamin, mineral. Adapun unsur propolis secara kuantitatif adalah sebagai berikut:
1. 55 % getah
2. 7,5 – 35 % lilin
3. 10 % minyak esensial
4. 5 % pollen
5. 5 % asam amino
6. 4,4 – 19 % minyak terbang
Sebagai akibat dari komplek dan lengkapnya unsur yang terdapat dalam propolis, maka propolis memiliki lebih dari 60 manfaat positip bagi tubuh manusia. Manfaat positip tersebut diantaranya: mengaktifkan makrofage, menghambat pertumbuhan sel tumor pada usus besar, efek pembekuan darah, alergy, anti mikro organisme yang tahan terhadap asam, anti alergi, anti bakteri, anti biotik, anti jamur, anti depresi, anti pendarahan, anti herves, anti infeksi, disenfektan, anti pembengkakan, anti leukeumia, anti TBC, antioksidan, anti kejang, anti stress, anti septik, anti virus, menurunkan efek buruk akibat alkohol dan rokok, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol darah, menghaluskan kulit, anti glaukoma, menurunkan resiko pecahnya pembuluh darah, menurunkan efek negatif penyinaran kanker, anti radiasi matahari, meningkatkan biosintesa protein.
Berdasarkan bayaknya manfaat propolis maka, terdapat lebih dari 300 jenis penyakit yang berasal dari seluruh sistem tubuh manusia, mulai dari sistem pencernaan; sistem pertahanan; sistem saraf, sistem sekresi, sistem kelenjar, sistem reproduksi, sistem pernapasan, sistem ekresi, dan sistem sirkulasi.


PENDAPAT PARA AHLI TENTANG PROPOLIS
Berikut adalah pendapat para ahli tentang propolis dan kegunaan lain :
  1. John Diamond MD; Propolis mampu mengaktifkan kelenjar thymus yang berfungsi sebagai sistem imunitas tubuh.
  2. Ray Kupinsel; Propolis sebagai anti biotik alami yang mampu melawan berbagai macam penyakit tanpa efek samping
  3. Profesor Arnold Becket; Propolis mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur.
  4. Russia Research Team (Tim Riset Rusia); Dalam propolis terdapat zat anti biotik alami dan anti viral, vitamin, asam amino, mineral yang sangat mujarab untuk penyakit mulut, tenggorokan.
  5. Dr. Fang Chu (dokter di Lien Yu Kang Hospital Tiongkok); propolis berguna untuk penyakit kandungan lemak tinggi dalam darah dan untuk penyakit jantung.
  6. Lembaga Riset Kanker Columbia, 1991; dalam propolis terdapat zat CAPE yang berfungsi mematikan sel kanker. Dengan pemakaian zat CAPE secara teratur selama 6 bulan dapat mereduksi kanker sebanyak 50%.
  7. Majalah anti biotik VP Kivalkina; propolis sangat efektif untuk infeksi tanpa batas kadaluarsa
  8. Dr. K. Lund Aagaard “ Propolis, Natural Substance, the way to health” . Bioflavanoid yang terkandung didalam propolis dapat mendegradasi radikal bebas yang disebabkan polusi, bahan pengawet dan bahan kimia lain yang masuk ke dalam tubuh. Kemampuan kerja bioflavanoid ini setara dengan kemampuan 500 buah jeruk.
  9. Prof. Hembing Wijaya kusuma: propolis sangat baik untuk kesehatan kulit dan berkhasiat luar biasa.
Cara Kerja Propolis dalam melawan KANKER : Propolis mengandung zat CAPE (asam Cafeic Phenetyl Esther), berbeda dengan kerja obat Interferon yang membunuh virus juga merusak sel sehat, sehingga pengobatan kanker sering kali menimbulkan pengaruh buruk kepada pasien. Berbeda dengan Propolis, zat CAPE menekan tranformasi DNA-RNA virus sehingga memungkinkan virus menjadi tidak berkembang dan merusak jaringan virus. Dengan demikian virus bisa lenyap tanpa merusak sel-sel jaringan tubuh pasien KANKER.

EFEK SAMPING DARI PROPOLIS
Dr Leonard Mc Kewan menuliskan bahwa selama 2500 tahun penggunaan propolis oleh berbagai masyarkat dari berbagai kebudayaan tidak tercatat adanya efek negatif yang serius dari propolis. Bahkan dokter-dokter di rusia biasa memberikan 9 gram propolis setiap harinya kepada pasien tanpa mengalami kendala. Adapun efek ringan yang sering dirasakan oleh pasien adalah mulut dan tenggorokan terasa kering setelah mengkonsumsi propolis dan kulit yang terasa hangat setelah dioleskan propolis.

ALERGI TERHADAP PROPOLIS
Pada sebagian orang mungkin muncul alergi terhadap propolis, tetapi jumlahnya jauh lebih sedikit daripada jumlah orang yang alergi terhadap madu. Untuk mengetahui apakah seseorang alergi terhadap propolis maka dapat dilakukan tes alergi. Langkah-langkah tes alergi adalah sebagai berikut:

1. Tes alergi pada kulit; dimulai dengan mengoleskan cairan propolis pada bagian kulit sensitif pasien (pada wajah atau lengan bagian bawah) kemudian ditunggu sekitar 30 menit. Apabila pada bagian kulit yang dioleskan terasa gatal dan memerah berarti pasien tersebut alergi terhadap propolis dan disarankan kulit yang diolesi propolis segera dicuci bersih dangan sabun dan dibilas menggunakan air hangat. Adapun pasien tersebut tetap dapat menggunakan propolis hanya untuk diminum dengan dosis 1 tetes dua hari sekali. Jika tidak terdapat rasa gatal dan merah pada bagian kulit yang dioleskan maka lakukan tes alergi kedua.

2. Tes alergi pada mulut dan kerongkongan: campurkan 2-3 tetes propolis pada sedikit air putih kemudian dikumur-kumur dimulut dan diminum, tunggu selama 15 menit. Apabila mulut dan kerongkongan terasa gatal berarti pasien alergi terhadap propolis disarankan pasien minum air hangat banyak-banyak minimal 500 ml. Adapun pasien tersebut tetap dapat menggunakan propolis hanya untuk diminum dengan dosis 1 tetes dua hari sekali. Tetapi jika pasien tidak merasakan gatal pada mulut dan kerongkongan berarti pasien tersebut aman dan bisa langsung diobati dengan propolis.

KETERSEDIAAN PROPOLIS DI PASARAN
Produk propolis dipasarkan dengan berbagai tipe diseluruh dunia beberapa jenis propolis diantaranya adalah:
1. Propolis tablet biasanya berisi 60 mg propolis
2. Propolis Ointment (larutan) propolis dalam bentuk ini terdiri dari larutan ringan dengan konsentrasi 7% ekstrak propolis, larutan sedang dengan konsentrasi 12 % ekstrak propolis dan larutan pekat dengan konsentrasi 15% ekstrak propolis.
3. Propolis kapsul biasanya perkapsul berisi 200 mg bubuk propolis
4. propolis spray (semprot) biasanya berisi 10% ekstrak propolis
5. Propolis tincture (obat tetes) yang dilarutkan dalam air
6. Propolis tincture (obat tetes) yang dilarutkan dalam alkohol
7. Propolmel adalah produk propolis yang digabungkan dengan 70% madu, 20% pollen dan 10% propolis.
8. Propolis cream biasanya terdiri dari 1% – 20% propolis

PENYIMPANAN PROPOLIS
Penyimpanan propolis hendaknya ditempat yang aman dan dalam ruangan yang bersih serta tidak lembab. Berikut ini beberapa faktor lingkungan tempat propolis disimpan dan yang sangat mempengaruhi khasiat propolis, saat propolis tersebut digunakan.
1. Pengaruh suhu
Komposisi dan kegunaan bahan kimia alam senantiasa terpengaruh oleh suhu lingkungan tempat bahan alam tersebut disimpan, tidak terkecuali dengan propolis, suhu ideal penyimpanan propolis ada pada kisaran 150C – 450C sehingga menyimpan propolis didalam lemari es akan membuat propolis mengeras dan tidak dapat dipakai sebagai akibat dari suhu di dalam lemari es yang dingin, begitu juga menyimpan propolis di tempat yang memiliki suhu diatas 450C akan membuat kandungan propolis menjadi rusak.
2. Pengaruh sinar
Secara umum kandungan propolis bereaksi terhadap sinar ultraviolet matahari, sehingga pengemasan propolis umumnya menggunakan bahan-bahan yang berwarna gelap atau bahan yang tidak tembus sinar matahari, oleh sebab itu penyimpan propolis dalam suatu tempat yang terkena sinar matahari langsung akan mengurangi khasiat propolis.
3. Pengaruh bau menusuk
Unsur-unsur di dalam propolis juga reaktif terhadap bau yang menusuk, ketika propolis disimpan di tempat yang terdapat bau menusuk, seperti, bau karbol, amoniak, minyak wangi dan lain-lain, maka zat aktif propolis akan beraksi dengan zat penyebab bau yang akhirnya mengurangi khasiat propolis.
4. Pengaruh gelombang elektromagnetik
Adalah tidak baik apabila kita menyimpan obat atau kimia bahan alam yang berbentuk cair termasuk dalam hal ini propolis di dekat alat-alat elektronik dan alat listrik seperti televisi, radio, handphone, microwave, lemari es, dan lain-lain. Karena alat-alat tersebut memancarkan gelombang elektromagnetik yang berinteraksi dengan atom-atom yang terdapat pada unsur penyusun propolis. Apabila interaksi ini berlangsung lama dapat dipastikan khasiat propolis dapat berkurang.
5. Pengaruh gravitasi
Propolis cair adalah kimia bahan alam yang tentunya memiliki massa, unsur-unsur penyusun propolis memiliki massa yang berbeda-beda. Apabila propolis disimpan dalam waktu yang lama maka unsur-unsur penyusun propolis akan mengendap karena dipengaruhi gaya gravitasi. Karena adanya pengaruh gaya gravitasi inilah mengharuskan kita mengocok propolis sebelum digunakan agar mendapatkan hasil yang optimal.
6. Pengaruh udara
Sebagian besar unsur udara adalah amoniak (NH4) dan oksigen (O2) dan oksigen ini juga bereaksi dengan propolis terutama jika propolis sudah diencerkan kedalam air. Selain itu juga terdapat polutan yang sangat reaktif dengan propolis seperti (NOX), (SOX) dan lain-lain. Unsur ini jika bereaksi dengan propolis akan mengurangi khasiat propolis. Tentunya menjadi sangat baik apabila menutup kembali dengan rapat kemasan propolis setelah pengunaan dan segera meminum propolis yang sudah diencerkan.

DOSIS DAN PENGGUNAAN PROPOLIS
Dosis minimal yang efektif untuk pengobatan dengan propolis adalah sebanyak 1,5 gram propolis atau setara dengan 15 tetes sehari dan dibagi menjadi tiga kali minum dan pengobatan dilakukan selama 20–30 hari. Konsumsi propolis sangat baik apabila dilakukan saat perut dalam keadaan kosong. Pada beberapa kasus yang membahayakan seperti tetanus dan demam berdarah dapat diberikan propolis 60 tetes dalam sehari dan diberikan selama 1 minggu.

MENINGKATKAN KINERJA PROPOLIS DALAM TUBUH
Propolis dalam bentuk cair memiliki keunggulan dalam arti mudah diserap oleh tubuh, tetapi dalam pengobatan kita menginginkan hasil yang cepat dan memuaskan. Terdapat dua langkah agar hasil pengobatan propolis dapat dirasakan dalam waktu singkat.
Pertama: Minum propolis dalam jumlah memadai minimal 500 mg atau setara dengan 5 tetes disaat perut kosong dan dilakukan paling sedikit tiga kali sehari.
Kedua: Lakukan pengenceran dengan teknik mengkoloidkan larutan propolis sebelum diminum teknik ini dilakukan dengan cara sebagai berikut;
1. siapkan 100 ml air bening yang sudah dimasak dan memiliki suhu antara 200C – 500C dalam bekas botol air kemasan
2. teteskan propolis sesuai keperluan minimal 5 tetes pada air yang sudah disiapkan kemudian tutup botol air kemasan tersebut dengan rapat.
3. Kocok botol kemasan minimal 50 kali kocokan secara satu arah boleh secara vertikal boleh juga secara horizontal.
4. Larutan propolis siap diminum.

TABEL praktis penanganan penyakit Dengan PROPOLIS DIAMOND
ROKIM ABDUL KARIIM
Di bawah ini adalah tabel penanganan penyakit yang diderita berdasarkan keluhan pasien. Adapun dosis penggunaan Propolis Diamond untuk penyakit-penyakit yang disebutkan di kolom 2 dapat dibaca pada kolom 3 dan 4 berdasarkan warna yang sama dengan kolom 2. Adapun kolom nomor digunakan untuk merujuk penanganan penyakit yang akan dijelaskan pada bab Penjelasan penyakit .
No (1) Sistem atau Organ yang bermasalah (2) Gejala yang muncul dari terganggunya sistem dan organ tersebut atau Jenis penyakit yang muncul dari gangguan pada organ tubuh manusia (3) Dosis Propolis Diamond untuk dewasa (4) Dosis Propolis Diamond untuk anak-anak dibawah 12 tahun, wanita hamil, manula diatas 60 tahun dan dewasa penderita yang sudah kronis (menahun) seperti asma, jantung dan gagal ginjal
1 2 3
4
5
Sistem pencernaanHati Jantung
Paru-paru
Ginjal
  • Buang air besar tidak teratur
  • Sariawan
  • Jerawat
  • Sering pusing
  • Sulit buang angin
  • Alergi/gatal-gatal
  • Kembung
  • Bangun pagi terasa pegal
  • Mudah mengantuk
  • Mudah lelah
  • Mudah terserang flu
  • Mudah masuk angin
  • Nyeri di dada
  • Sering kesemutan/kram
  • Tangan dan kaki mudah berkeringat
  • Kaki mudah bengkak
  • Sesak nafas
  • Sering batuk – batuk
  • Sering ada lendir di pagi hari
  • Alergi
  • Buang air kecil keruh
  • Sering merasa pegal di pinggang atau ada rasa panas dipinggang
  • Asam urat
  • Tekanan darah tinggi
  • Sakit kepala
  • Telinga berdengung
Mulai dengan 5 tetes 3 kali sehari dan terus ditingkatkan secara bertahap sampai maksimum 30 tetes 3 kali sehariApabila terjadi serangan penyakit mendadak dan akut Minum propolis diamond 15 – 20 tetes tiap jam sampai rasa sakit reda Mulai dengan 2 tetes 3 kali sehari dan terus ditingkatkan secara bertahap sampai maksimum 15 tetes 3 kali sehariApabila terjadi serangan penyakit mendadak dan akut Minum propolis diamond 5 tetes tiap jam sampai rasa sakit reda
6 7 8
9
10
11
12
PancreasGangguan pada tulang Reproduksi
Cancer pada organ tubuh
Gangguan pembuluh darah
Gangguan saraf
Gangguan pada darah
  • sering merasa haus
  • sering merasa lapar
  • sering buang air kecil
  • kesemutan
  • terasa panas ditelapak kaki cepat letih, lelah dan lesu
  • vitalitas sex menurun
  • sering mangalami penurunan berat badan secara drastis
  • apabila ada luka lama sembuh
  • tulang lemah
  • rematik
  • osteoporosis
  • kesemutan
  • nyeri sendi
  • timbul rasa sakit saat menstruasi
  • mentruasi tidak teratur
  • sering keputihan
  • sering pusing
  • kulit menjadi kering
  • gairah seksualitas menurun
  • sulit punya keturunan
  • cancer rahim
  • cancer payudara
  • cancer kelenjar
  • cancer paru-paru
  • cancer otak
  • cancer tulang
  • dan lain-lain cancer
  • darah tinggi
  • darah rendah
  • stroke
  • vertigo
  • kolesterol
  • wasir
  • Aneurisma
  • autisme
  • hiperaktif
  • lupa ingatan (amnesia)
  • alzeimer
  • lemah daya tangkap
  • stress
  • gila
  • ayan
  • Anemia
  • Talasemia
  • Leukeumia
  • Lupus
  • Kegemukan / obesitas
Mulai dengan 5 tetes 3 kali sehari dan terus ditingkatkan secara bertahap sampai maksimum 30 tetes 3 kali sehariApabila terjadi serangan penyakit mendadak dan akut Minum propolis diamond 15 tetes tiap jam sampai rasa sakit reda Mulai dengan 2 tetes 3 kali sehari dan terus ditingkatkan secara bertahap sampai maksimum 15 tetes 3 kali sehariApabila terjadi serangan penyakit mendadak dan akut Minum propolis diamond 5 tetes tiap jam sampai rasa sakit reda
13 Serangan virus, dan bakteri pada organ tubuh - Demam berdarah- Influenza - Flu burung
- Antrax
- Disentri
- Diare
- Typhus
- Herves
- Cikungunya
- SARS, dll
Minum Propolis Diamon minimal 15 tetes setiap satu jam sekali hingga sembuh Minum Propolis Diamon minimal 5 tetes setiap satu jam sekali hingga sembuh
14 Kerusakan mendadak pada organ tubuh - keracunan makanan, obat-obatan dan pestisida- Terkena racun binatang berbisa - Terbentur benda keras
- Tertusuk paku
- Tersiram air panas
- terbakar
- Patah tulang
- Kecelakaan laulintas, dll
Minum propolis diamond sebanyak minimal 30 tetes untuk pertama kali dan selanjutnya minum sebanyak 15 tetes untuk tiap jamOleskan Propolis Diamond secukupnya pada luka yang ada minimal 2 kali sehari Minum propolis diamond sebanyak minimal 20 tetes untuk pertama kali dan selanjutnya minum sebanyak 10 tetes untuk tiap jamOleskan Propolis Diamond secukupnya pada luka yang ada minimal 2 kali sehari
15 Gangguan pada mata - mata plus, minus, silindris- katarak - mata merah (konjunctivitis)
- glaukoma
- rabun senja
- alergi sinar
- mata berair, dll
-
Encerkan 5 tetes propolis dengan 10 ml air, kemudian jadikan sebagai obat tetes mata minimal 3 kali sehari. Selain itu minum minimal 5 tetes propolis diamond 3 kali sehari Encerkan 5 tetes propolis dengan 10 ml air, kemudian jadikan sebagai obat tetes mata minimal 3 kali sehari. Selain itu minum minimal 5 tetes propolis diamond 3 kali sehari
16 Gangguan di kulit kepala - Ketombe- rambut rontok - rambut beruban
- kebotakan
- dll
Encerkan 5 tetes propolis dengan 10 ml air, kemudian jadikan sebagai minyak rambut minimal 3 kali sehari. Selain itu minum minimal 5 tetes propolis diamond 3 kali sehari Encerkan 5 tetes propolis dengan 10 ml air, kemudian jadikan sebagai minyak rambut minimal 3 kali sehari. Selain itu minum minimal 5 tetes propolis diamond 3 kali sehari
17 Permasalah-an pada hidung dan telinga - sinusitis- polip - telingan bernanah
- radang telinga luar
- radang telinga dalam
- flu menahun, dll
Minum propolis diamond 10-15 tetes 3 kali sehari saat perut kosong, setelah itu diteteskan di hidung atau telinga 2-3 tetes sehari sekali Minum propolis diamond 5-10 tetes 3 kali sehari saat perut kosong, setelah itu diteteskan di hidung atau telinga 1-2 tetes sehari sekali
18 Permasalah pada gigi dan mulut - Sakit gigi- Karang gigi - Gusi berdarah
- Bau mulut
- Sariawan
teteskan langsung propolis diamond pada bagian yang sakit. Dan jadikan PD sebagai obat kumur dan campurkan PD pada pasta gigi dan gunakan untuk sikat gigi Teteskan langsung propolis diamond pada bagian yang sakit. Dan jadikan PD sebagai obat kumur
19 Gangguan pada kulit - Jerawat- Kutu air - Bisul
- Flek hitam
- Panu
- Psoriasis
- Luka
Oleskan Propolis Diamond secukupnya minimal dua kali sehariAtau Encerkan 5 tetes propolis dengan 10 ml air, kemudian oleskan pada bagian yang bermasalah minimal 3 kali sehari. Oleskan Propolis Diamond secukupnya minimal dua kali sehariAtau Encerkan 5 tetes propolis dengan 10 ml air, kemudian oleskan pada bagian yang bermasalah minimal 3 kali sehari.
20 Orang sehat Berfungsi sebagai pencegahan (preventif) dan menguatkan stamina tubuh Minum propolis diamond 5-10 tetes dua kali sehari saat perut kosong Minum propolis diamond 2-3 tetes dua kali sehari saat perut kosong
21 Kesehatan ibu menyusui - Melancakan Asi- Membersihkan darah - Pemulihan pasca operasi
- Mengencangkan kulit
Minum Propolis Diamond minimal 10 tetes 3 kali sehariSering-sering mandi menggunakan air propolis


Gangguan non medis Gejala yang muncul dari gangguan ini Saran bagi dewasa Saran bagi anak-anak, manula dan wanita hamil
22 Gangguan non medis akibatGangguan jin (sihir, guna-guna, pelet dll) - Badan terasa lemah, loyo dan tidak ada gairah hidup- berat dan malas beraktivitas, terutama untuk beribadah - Banyak menghayal, melamun dan bicara sendiri.
- Tiba-tiba menangis atau tertawa tanpa sebab.
- Banyak makan tapi tidak kenyang-kenyang atau sebaliknya tidak makan sama sekali tetapi fisiknya kuat walau tidak menggunakan doping
- Tiba-tiba sangat mencintai orang seseorang yang tidak dikenal / orang yang dibencinya.
- Sakit yang tidak terdeteksi secara medis / penyakit yang tidak sembuh-sembuh
- Mendengar bisikan-bisikan ghaib (terutama untuk melakukan perbuatan tercela)
- Emosional, mudah marah
- Rumah tangga ribut terus tanpa sebab (minta cerail dll)
- Sering mimpi buruk dan seram
- Mimpi bertemu arwah nenek moyang atau tokoh tertentu
- Mimpi melihat binatang seperti: ular, kucing, singa, srigala yang seolah akan menyerangnya.
- Saat tidur merasa ada yang mencekik leher, menggelitik bahkan menendangnya.
- Muncul rasa was-was saat berwudhu dan sholat
- Benci melihat orang sholeh/taat beragama
- Sering merasa ada getaran, hawa dingin atau panas, kesemutan, berdebar dan sesak saat membaca Al-Qur’an
- Sering merendahkan orang lain dalam sikap maupun bicara
- Sering bisa menebak yang pernah dan akan terjadi
- Sering bermimpi orang yang selalu sama
- Sering lupa jumlah rakaat shalat yang sedang dilakukan
Terapi utama adalah dengan do’a atau minta di ruqyah dan banyak mendekatkan diri pada Allah swt dengan penuh keikhlasanMulai dengan 5 tetes 3 kali sehari dan terus ditingkatkan secara bertahap sampai maksimum 30 tetes 3 kali sehari
Dikutip dari :
berbagai sumber