Sabtu, 17 November 2012

Kekayaan Pejabat BUMN

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengeluarkan daftar Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Beberapa Dirut yang masuk dalam daftar orang terkaya di BUMN versi data LHKPN KPK terkejut. Siapa saja mereka?

Salah satunya adalah Dirut PT Bank Mandiri Tbk, Zulkifli Zaini. Pimimpin tertinggi di Bank Mandiri ini menjadi Dirut BUMN dengan harta terbanyak, dengan total Rp 44,90 miliar ditambahvaluta asing senilai US$ 70.891. Zulkifli mengaku tidak berpikir untuk menjadi orang terkaya di jajaran direksi BUMN.

"Saya gak pernah berpikir mengenai hal-hal seperti itu, yang saya utamakan adalah kerja dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan," ungkapnya kepada detikFinance, Sabtu (21/7/2012).

Selain itu, Zulkifli juga menjelaskan jika harta kekayaan yang diperolehnya saat ini merupakan hasil kerja kerasnya selama bekerja di Mandiri dan ia mengaku secara transparan telah melaporkan harta kekayaannya kepada KPK.

"Saya sudah memberikan laporan LHKPN itu sejak awal menjadi direktur di Bank Mandiri, jadi tidak ada yang tertutup, semua transparan. Itu saja yang ingin saya sampaikan," sambungnya.

Zulkifli juga memiliki 3 mobil, rumah di Bekasi, Jakarta Timur dan Jakarta Selata. Jumlah harta tak bergeraknya mencapai Rp 3,22 miliar. Zulkifli memiliki surat berharga yang cukup banyak hingga Rp 23,99 miliar.

Selain Zulkifli, ternyata Dirut Utama PT BTN Tbk, Iqbal Latanro mengaku sangat terkejut dirinya masuk ke dalam daftar Dirut BUMN terkaya. Iqbal yang masuk ke urutan 7 direksi terkaya dan memiliki harta kekayaan sebesar Rp 8,65 miliar ditambah valuta asing senilai US$ 20.000, menilai jika harta yang dimilikinya tidak terlalu besar.

"Masak, saya tidak termasuk. Saya kecil kok, boleh tahu di mana sumbernya. Tapi saya surprise dengarnya," imbuh Iqbal.

Iqbal mengaku punya tambahan pendapatan dari investasi properti yang pernah dia lakukan tetapi dirinya telah melaporkannya ke dalam LHKPN.

"Gak ada saya gak punya bisnis lain cuma dari dulu saya investasinya di properti dan tidak ada kaitannya dengan BTN," tutupnya.

Iqbal juga memiliki aset berupa tanah yang cukup banyak. Harta tak bergeraknya mencapai Rp 5,07 miliar. Sementara kendaraan yang ia miliki yakni Ford Focus, Nissan Serena, Honda Jazz dan Toyota Camry seluruhnya senilai Rp 495 juta.

Ingin tahu siapa lagi bos BUMN yang masuk jajaran pejabat harta terbanyak? Klik di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar