Jumat, 02 November 2012

Tanduk Setan Dari Najd Menurut Hadits Paling Sahih

Anda pasti tahu bahwa para wahhabi dalam mempertahankan Iraq adalah yang dimaksud Nejd dalam arti dataran tinggi tempat munculnya Tanduk Setan oleh Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam.
 Tanduk Setan Dari Najd Menurut hadits Paling Sahih
Bahkan ketika hujjah Irak bukanlah Nejd tempat munculnya tanduk setan dengan menghadirkan peta pun mereka tetap saja tidak mau menerimanya, entah rasa malu seperti apa ketika hujjah hujjah ahlussunnah telah begitu terang, bahwa nejd adalah tempat munculnya tanduk setan.
Agaknya usaha untuk mempertahankan dan membela Pendiri Kaum Wahhabi yang bukan sebagai tanduk setan, berkaitan bukti Musailimah Al Kaddzab dan Muhammad Bin Abdul Wahhab begitu sangat mencoreng muka mereka.

Hadist yang paling shohih berkaitan tentang munculnya tanduk setan terdapat dalam sahihain adalah sebagai berikut:
 حدثنا محمد بن المثنى قال حدثنا حسين بن الحسن قال حدثنا ابن عون عن نافع عن ابن عمر قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
… اللهم بارك لنا في شامنا وفي يمننا ، قال ، قالوا وفي نجدنا ؟ قال قال اللهم بارك لنا في شامنا وفي يمننا ، قال قالوا وفي نجدنا ؟ قال قال هناك الزلازل والفتن وبها يطلع قرن الشيطان

Dalam shohih muslim
 حدثنا علي بن عبد الله حدثنا أزهر بن سعد عن ابن عون عن نافع عن ابن عمر قال ذكر النبي صلى الله عليه وسلم اللهم بارك لنا في شامنا اللهم بارك لنا في يمننا ، قالوا يارسول الله وفي نجدنا ؟ قال اللهم بارك لنا في شامنا اللهم بارك لنا في يمننا ، قالوا يارسول الله وفي نجدنا ؟ فأظنه قال في الثالثة: هناك الزلازل والفتن وبها يطلع قرن الشيطان

Adapun riwayat yang memakai kalimat Iraq/Irak dalam beberapa Hadist yang lain adalah termasuk مخالفة الثقة لمن هو أوثق منه (Menyelisihi yang lebih tsiqot diantara hadit hadits yang Tsiqoh), dan agaknya hadits hadits inilah yang menjadi pegangan kaum wahhabi untuk mengelak dari kenyataan bahwa Najd adalah tempat munculnya tanduk setan.
Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak uraian hadits hadits yang menggunakan kalimat Irak/Iraq dari sisi sanad atau rijalnya.
Terdapat Redaksi Hadits yang mrnggunakan kalimat Irak/Iraq yaitu dalam Hilyatul Awliya dan Mu’jam al Awsath sebagai berikut:

: [حدثنا عبدالله بن جعفر حدثنا إسماعيل بن عبدالله حدثنا الحسن بن رافع الرملي حدثنا ضمرة عن ابن شوذب عن توبة العنبري عن سالم بن عبدالله عن أبيه أن عمر قال إن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (اللهم بارك لنا في صاعنا وفي مدنا، ... إلخ)، فرددها ثلاث مرات، فقال الرجل: (يا رسول الله ولعراقنا)، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (بها الزلازل والفتن ومنها يطلع قرن الشيطان)].

Redaksi hadits diatas yang menggunakan kalimat Iraq/Itak terdapat nama عبيد الله بن عبد الله بن عون (‘Ubaidillah bin Abdullah bin ‘Aun) ini bukan termasuk pemuka Hadits yang masyhur, hal itu dapat dibuktikan bahwa Kutubus Sittah tidak satupun mengeluarkan hadits dari Beliau (‘Ubaidillah bin Abdullah bin ‘Aun), dengan demikian dalam Hadits diatas ada satu rowi yang majhul.
Juga terdapat Nama sanad Ibnu Syaudzab yang menurut Imam Ibnu ‘Asakir dalam kitabnya Tarikh Dimsyaq juz 1 hal 130 adalah seorang Mudallis (Pemalsu Hadits).
Hadits kedua dalam Kitab yang sama dan menggunakan kalimat Iraq/Irak adalah:

[حدثنا علي بن سعيد قال: حدثنا حماد بن إسماعيل بن علية قال: حدثنا ابي قال: حدثنا زياد بن بيان قال: حدثنا سالم بن عبد الله بن عمر عن ابيه قال: صلى النبي، صلى الله عليه وسلم، صلاة الفجر ثم انفتل فأقبل على القوم فقال اللهم بارك لنا في مدينتنا وبارك لنا في مدنا وصاعنا اللهم بارك لنا في شامنا ويمننا فقال رجل (والعراق) يا رسول الله فسكت ثم قال: اللهم بارك لنا في مدينتنا وبارك لنا في مدنا وصاعنا اللهم بارك لنا في حرمنا وبارك لنا في شامنا ويمننا فقال رجل (والعراق) يا رسول الله قال: (من ثم يطلع قرن الشيطان وتهيج الفتن

Disini terdapat nama sanad زياد بن بيان (Ziyad bin Bayyan) walaupun menurut Al Hafidl adalah sorang yang jujur, tetapi Beliau bukan termasuk Orang yang masyhur meriwayatkan hadits kecuali hadits tersebut dan satu hadits tentang Imam Mahdi yang di inkari Oleh Imam Bukhori.
Hadits lain yang menggunakan kalimat Irak/Iraq terdapat juga dalam kitab Mu'jam Al Kabir, sebagai berikut:

[حدثنا محمد بن علي المروزي حدثنا أبو الدرداء عبد العزيز بن المنيب حدثنا إسحاق بن عبد الله بن كيسان عن أبيه عن سعيد بن جبير عن بن عباس قال: دعا نبي الله، صلى الله عليه وسلم، فقال: (اللهم بارك لنا في صاعنا ومدنا وبارك لنا في مكتنا ومدينتنا وبارك لنا في شامنا ويمننا!)، فقال رجل من القوم: (يا نبي الله، وعراقنا؟!) فقال: (إن بها قرن الشيطان، وتهيج الفتن. وإن الجفاء بالمشرق!)]، وقد أخرجه الإمام ابن عساكر في (تاريخ دمشق، ج: 1 ص: 138) من طريق الطبراني هذه,

Dalam hadits diatas terdapat satu nama  عبد الله بن كيسان(Abdullah bin Kaysan) beliau ini adalah   أبو مجاهد عبد الله بن كيس
ان المروزي (Abu Mujahid ‘Abdullah bin Kaysan Al Marwazy), seperti yang dikatakan Imam Bukhori, beliau ini adalah orang yang banyak kesalahannya sehingga tidak bisa dibuat hujjah.
Adapun إسحاق بن عبد الله (Ishaq bin Abdullah; anaknya pent) ini lebih Dho,if, seperti yang dikatakan Imam Bukhori juga bahwa beliau adalah Munkarul Hadits, apalagi Beliau mendapatkan hriwayat hadits tersebut dari Bapaknya, jadi dobel Dho,if.

JADI keputusan nya adalah tanduk setan itu muncul dari NAJD,sesuai beberapa hadist shohih diatas, kiranya pembahasan kali ini lebih dari cukup sebagai bukti bahwa tanduk setan itu adalah muncul dari najd, walaupun sebenarnya masih ada beberapa redaksi hadits yang menggunakan kalimat Iraq/Irak dan sebagian yang lain juga ada yang menggunakan kalimat Masyriq, namun kebanyakan hadits hadits tersebut tidak sesahih yang terdapat dalam Kitab Bukhori dan Muslim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar